Keren! Pemuda Sepatan Timur Tangerang Ini Berhasil Budidaya Larva Maggot

KAB. TANGERANG – Pemuda di Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang berhasil membudidaya Larva Maggot. Berkat budidaya tersebut para pemuda itu juga meraih untung secara finansial.

Selain itu, berkat budidaya Larva Maggot juga ternyata berdampak positif bagi lingkungan karena bisa mengurai sampah organik.

Sekelompok pemuda ini terbukti Kandang Maggot Tangerang (KAMAGOTA) di Desa Jatimulya Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang.

Sejak tahun 2018 mereka merintis budidaya jenis pakan unggas dan ikan ternak ini. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, mereka berhasil menghasilkan 20 kilogram per hari.

Sekertaris KAMAGOTA, Suryono menururkan awal berkiprah budidaya Larva Maggot, timbul keresahan bersama bagaimana mengelola sampah berbagai jenis organik yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita sampai saat ini mengedepankan sosial, urusan dapat finansial itu bonusnya. Dengan budidaya Larva Maggot ini, kita membuktikan sampah organik sangat bermanfaat salah satunya sebagai pakan Maggot,” ujar Suryono saat ditemui BantenNews.co.id Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Larva Maggot ini siap panen berumur 15 hari. Sedangkan jika dijual per kilo mencapai Rp7.000.

Siklus budidaya Larva Maggot, menurut dia cukup sederhana. Bahkan KAMAGOTA siap mengajarkan kepada masyarakat yang ingin terjun budidaya Larva Maggot.

“Cukup sederhana, yang terpenting punya tekad yang kuat dan tidak mudah menyerah. Kita siap buat mengajarkan kepada masyarakat yang berminat budidaya Maggot ini,” ujarnya.

Senada dikatakan Ketua KAMAGOTA, Ahmad Ramdani. Dia mengungkapkan Larva Maggot ini kandungan proteinnya mencapai 45 persen dan telah teruji secara riset laboratorium. Maggot ini sebagai solusi yang tepat untuk para peternak unggas dan ikan yang mengeluhkan mahalnya pakan.

Ia berharap, pemerintah setempat agar dapat membantu budidaya Larva Maggot ini. Sebab, sasaran pasar membutuhkan minimal Maggot 1 Kwintal per hari untuk pakan unggas dan ikan ternak.

(Tra/Ren/Red)

[sumber: https://www.bantennews.co.id/keren-pemuda-sepatan-timur-tangerang-ini-berhasil-budidaya-larva-maggot/]

0

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of