Cerita Pemuda yang Hidup di Hutan Jalani Isolasi Mandiri Agar Keluarga Aman dari Virus Corona

Seorang pemuda di Kota Palopo, Sulawesi Selatan memilih untuk hidup di hutan bakau untuk menjalani isolasi mandiri.

Tindakan itu dilakukan Muhammad Lala agar keluarganya tak bersentuhan dengan dirinya yang baru saja pulang dari Makassar, Sulawesi Selatan.

“Ini saya lakukan untuk menghindari bersentuhan dengan keluarga saya guna memutus mata rantai penyebaran wabah corona,” kata Lala di lokasi dilansir Kompas.com, Senin (27/04/2020).

Saat ditemui, dirinya sudah tinggal di hutan tersebut selama lima hari.

Rencananya, Lala akan menjalani karantina di hutan tersebut selama 14 hari.

Selama lima hari itu, keluarganya selalu mengirim makanan. Selain keluarga, anggota Bhabinkmtibmas dan Babinsa juga setiap hari memastikan kondisinya baik-baik saja.

“Jadi sejak saya tiba di Kota Palopo saya langsung ke lokasi ini dan saya hanya menyampaikan pada keluarga jika saya langsung melakukan isolasi mandiri dan saya hanya bisa berharap agar bersabar dulu demi menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucap lala.

Membuat warga gusar

Isolasi mandiri yang dilakukan warga bernama Muhammad Lala membuat warga setempat menaruh curiga hingga menanyakan ke petugas dengan mencegat petugas saat pulang dari lokasi isolasi mandiri, Senin (27/04/2020)

Warga sekitar sempat gusar saat melihat setiap hari ada petugas keluar masuk hutan.

“Kami mau tahu itu di dalam sebenarnya ada apa, setiap hari setiap saat ada petugas yang keluar masuk tapi kami tidak pernah diberitahu,” teriak seorang warga di hadapan petugas.

Petugas lalu memberi penjelasan terhadap warga terkait keputusan Lala tersebut.

“Jadi dia itu (Lala) dia khawatir kepada keluarganya termasuk masyarakat sehingga dia melakukan hal demikian. Namun kita tetap berdoa semoga tidak ada apa-apa terjadi 14 hari ke depan, jangan diganggu biarkan dia tenang kita pantau-pantau saja dan memberikan dukungan,” Babinsa Salekoe Serda Aswan.

Menolak karantina di rumah sakit

Sementara itu, menurut Lurah Salekoe Wawan Gunawan, pihaknya sempat meminta Lala menjalani isolasi di Rumah Sakit Tentara Palopo.

Namun, tawaran tersebut ditolak.

“Dia merasa nyaman dengan isolasi mandiri disini di alam terbuka dan jauh dari permukiman,” kata Wawan. (Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir)

Sumber: Tribunnews

0

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of